Karya Tulis - Best Practice

BEST PRACTICE

Penguatan Pembelajaran Melalui Program "STEAM for The Future" di SMPN 4 Ngamprah


Kontributor: Lia Mulyani, S.E, M.Pd


Deskripsi:
Penguatan pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan kokurikuler. Kegiatan ini dilaksanakan di luar jam pelajaran dimaksudkan untuk memperdalam dan menghayati materi pelajaran yang telah dipelajari siswa dalam kegiatan intrakurikuler di dalam kelas. Hal yang perlu diperhatikan dalam menyelenggarakan kegiatan kokurikuler adalah intensitas pemberian tugas antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain tidak menimbulkan tumpang tindih dan siswa tidak merasa terbebani dengan tugas yang berlebihan.
Meskipun kokurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran namun penyelenggaraannya harus mendukung dan sejalan dengan kegiatan intrakurikuler. Tujuannya agar peserta didik lebih paham dan mampu mendalami materi yang telah disampaikan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan ini akan cukup membantu peserta didik yang kurang mampu berkonsentrasi dan menangkap materi pelajaran, juga efektif bagi siswa yang lebih suka melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan praktik langsung di lapangan dibanding hanya menerima materi di dalam kelas.
Berdasarkan hal di atas, kegiatan kokurikuler sangat penting dilaksanakan di sekolah, termasuk juga di SMP Negeri 4 Ngamprah. Permasalahannya, seringkali kegiatan kokurikuler di SMP Negeri 4 Ngamprah tidak sejalan dengan kegiatan intrakurikulernya, padahal kegiatan kokurikuler mampu membantu kesulitan yang ditemui siswa saat pembelajaran di dalam kelas seperti proses pembelajaran yang kurang kontekstual, terlalu berpusat pada guru, kurang menarik minat dan motivasi siswa, dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan suatu program kokurikuler yang sejalan dengan kegiatan intrakurikuler, sekaligus mengintegrasikan berbagai kompetensi dasar dari lintas mata pelajaran untuk menekan beban tugas maupun biaya yang diterima siswa.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka SMP Negeri 4 Ngamprah pada pekan jeda tengah semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 menyelenggarakan program kokurikuler melalui Pendekatan STEAM (Science, Technology, Enginering, Art and Mathematics) berbasis Model PjBL (Project Based Learning).

Program Penguatan Pembelajaran melalui STEAM di SMP Negeri 4 Ngamprah dapat dilihat pada tautan berikut:


Laporan video dokumentasi pelaksanaan kegiatan kokurikuler melalui Program STEAM di SMP Negeri 4 Ngamprah:

 Pekan Kreatifitas pada Kegiatan Jeda Tengah Semester dengan Tema "STEAM for the future"


Hasil Karya Siswa-siswi Hebat Pekan Kreatifitas pada Kegiatan Jeda Tengah Semester dengan Tema "STEAM for the future"

Sumber: https://youtu.be/hINDJp5I8ZE


Posting Komentar

0 Komentar